300, Film Kolosal Klasik Tentang Perjuangan Sparta Melawan Persia

film 300

Kalian mungkin pernah mendengar kata-kata ‘THIS IS SPARTA!!!’ yang merupakan istilah yang cukup populer di internet. Darimana asal istilah tersebut? Kalimat tersebut merupakan kutipan dari sebuah film kolosal berjudul 300 tentang perang yang terjadi antara Persia dan Yunani sekitar tahun 480 sebelum masehi. Film ini merupakan adaptasi dari serial komik tahun 1998 dengan judul yang sama. Film yang bergenre historical fantasy ini disutradarai oleh Zack Snyder dan merupakan cerita sejarah yang dibaur dengan fiksi.

Penjuangan Sparta Melawan Serangan Persia

Latar film ini diambil pada tahun 480 sebelum masehi dimana aliansi negara-kota Yunani berjuang melawan tentara Persia yang menyerang di Gunung Thermopylae. Tentara Yunani yang kalah jumlah berusaha menahan musuh mereka di gunung tersebut sekaligus memblokir angkatan laut Persia di Selat Artemisium. Raja Persia Xerxes mengepalai sebuah pasukan berjumlah 100.000 lebih tentara datang ke tanah Yunani dan disambut oleh 300 tentara Sparta yang dikepalai oleh Raja Sparta Leonidas I.

this is sparta

Pertarungan selama 3 hari tak terelakkan dan berakhir dengan terbunuhnya seluruh tentara Yunani disana. Kekalahan Sparta bukanlah sesuatu yang diperkirakan sebelumnya. Justru kekalahan ini diakibatkan oleh seorang gembala bernama Ephialtes yang membelot ke Persia dan menunjukkan jalan terpisah lewat Thermopylae yang bisa digunakan untuk mengepung Yunani dan tidak dijaga terlalu ketat.

Pandangan Kritik Terhadap Film 300

Film ini mendapatkan berbagai macam respon berbeda. Film ini banyak dipuji kritik dengan visual yang penuh ketegangan. Film ini dianggap menangkap adegan pertempuran dengan baik, memberi penonton perasaan motivasi dan semangat, yang disertai tema kekerasan dan berdarah-darah.

Namun beberapa kritik buruk juga didapatkan oleh film ini dengan koran Amerika ternama The New York Times mengklaim bahwa plot film mengandung unsur rasisme. Mereka juga mengkritik bagaimana mereka menggambarkan Persia sebagai prajurit yang ahli dengan tombak dibanding dengan Sparta yang terlihat seperti orang-orang yang biasa ke tempat fitness.

Penghargaan Yang Dicapai Film 300

Film ini pertama kali dirilis di teater konvensional pada 9 Maret 2007 dan meraup lebih dari 456 juta USD. Film ini mendapatkan 5 nominasi pada MTV Movie Awards 2007 dan memenangkan penghargaan sebagai Best Fight dalam acara penghargaan yang sama. Film 300 juga mendapat 2 penghargaan di 2006-2007 Golden Icon Awards dan memenangkan Movie of the Year 2007, Best Comic Book Adaptation, dan Favorite Character untuk King Leonidas berdasarkan IGN. Pada tahun 2009, majalah National Review menempatkan film 300 di peringkat 5 pada urutan “Best Conservative Movies of the Last 25 Years”.